kunjungan industri ke PT. Gudang Garam Tbk.



L A P O R A N   H A S I L   K E G I A T A N


PENDAHULUAN
Globalisasi yang pada gilirannya disusul dengan perdagangan bebas merupakan tantangan nyata yang harus dihadapi. Kesiapan generasi muda sebagai penerus bangsa dalam menghadapinya akan menentukan apakah globalisasi tersebut merupakan sebuah ancaman, ataukah suatau kendaraan menuju kemajuan untuk menggapai kehidupan yang lebih baik. Maka sebagai generasi penerus bangsa sangat dibutuhkan kompetensi yang memadai untuk terjun dalam persaingan global tersebut.
Dunia pendidikan merupakan wadah yang potensial untuk membentuk kesiapan generasi muda dengan bekal kompetensi yang berkualitas. Dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi, Kunjungan Industri dinilai sebagai langkah tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman sekaligus praktek nyata sebagai hakekat kompetensi itu sendiri. Hal tersebut dilakukan dengan metode observasi langsung berkaitan dengan teori-teori yang telah dipelajari.
Kunjungan Industri merupakan salah satu kegiatan mahasiswa Fakultas Ekonomi yang diadakan sebagai praktek nyata Mata kuliah dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan menambah pengalaman serta menigkatkan kualitas belajar mengajar dalam mengaplikasikan teori yang telah diajarkan dan dipelajari.
Kunjungan Industri merupakan salah satu upaya pembelajaran yang dilakukan dengan metode observasi langsung. Melalui metode ini diharapkan akan tercipta suasana belajar yang efektif, sehinggga mahasiswa lebih memahami aplikasi dari teori-teori yang diajarkan selama kuliah terlaksana.


LANDASAN KEGIATAN
a.       Idiil : Pancasila
b.      Konstitusional :UUD 1945 pasal 31
c.       UU No. 20/Th 2003/Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diperbaiki dengan Peraturan Pemerintah No. 57/Th.1998/ Tentang Pendidikan Nasional.
d.      Tri Dharma Perguruan Tinggi
e.       Pedoman Pendidikan Universitas Islam Kadiri Kediri Tahun 2009


NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan       : KUNJUNGAN INDUSTRI
Tema kegiatan        : Memahami Kinerja melalui Kunjungan Industri


BENTUK DAN PELAKSANAAN KEGIATAN
Bentuk kegiatan ini adalah berupa observasi atau pengamatan secara langsung oleh mahasiswa yang dilaksanakan di lapangan / dunia kerja sesuai dengan bidang atau jurusan masing-masing   melalui pembinaan dan pengarahan dari dosen pembimbing serta dibawah pengawasan dan kontrol dari  pihak berwenang di setiap perusahaan/ Instansi terkait.
Adapun pelaksanaan kegiatan ini besok pada
Hari/ Tanggal          : Selasa/ 22 Desember 2009
Waktu                    : 09.00-selesai
Tempat                   : PT. GUDANG GARAM  Tbk
Jadwal                    : terlampir

PESERTA KEGIATAN
Kegiatan Kunjungan Industri ini diikuti oleh sebagian mahasiswa Universitas Islam Kadiri Kediri dari semester III, V dan VII yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dengan perincian sebagai berikut
Semester III           : 14 orang
Semester V            : 20 orang
Semester VII          :   5 orang
Dosen                    :   3 orang
Panitia                    : 11 orang

PENYELENGGARA
Kegiatan ini diselengarakan secara langsung oleh BEM Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri melalui kepanitiaan (terlampir) bekerjasama dengan Perusahaan yang terkait PT. Gudang Garam Tbk.
Keskretariatan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri Kediri Gedung Mahasiswa Lt. I/01 Kampus Manisrenggo, Jalan Sersan Suharmadji No 38 Kota Kediri, Contact Person: Miftahul Arif (085655304843)

ANGGARAN DANA
Terlampir
HASIL KEGIATAN
Pada kegiatan ini, mahasiswa diajak langsung meninjau lokasi kinerja suatu perusahaan.mulai dari nglinting sampai pengepakan dan mahasiswa dapat melihat jalur distribusi produk baik domestic maupun internasional.Hasilnya mahasiswa dapat mengetahui secara langsung system kinerja pada suatu perusahaan. Serta dapat menjadikan perbandingan dengan keilmuan yang telah diterapkan di kampus. Sehingga menjadikan pola pikir mahasiswa menjadi lebih luas dengan diadakannya kegiatan tersebut.
Selain melihat langsung proses produksi mahasiswa juga diajak sharing atau tanya jawab dengan bidang humas PT.GUDANG GARAM Tbk. Yang ditanyakan  dari pihak mahasiswa dari segi produksi, pemasaran dan tingkat penjualan, setelah itu mahasiswa mempresentasikan hasil pengamatan dilapangan yang diwakili dua mahasiswa laki-laki dan perempuan. Yang pada akhirya dari pihak perusahaan memberi respon positif dari kegiatan ini.

PENUTUP
Demikian laporan hasil kegiatan ini dibuat sebagai acuan konsepsional dan operasional dalam kegiatan ini. Bila ada ketentuan atau aturan yang belum ada dalam laporan ini akan ditentukan kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar